Jumat, 21 Mei 2010

Optimalkan Usaha Kecil dengan E-commerce


Optimalkan Usaha Kecil dengan E-commerce


  • Dengan semakin pesatnya perkembangan Teknologi informasi khusunya Internet, tentu berpengaruh juga dengan tingkah laku masyarakat. Dengan menggunakan Internet, segala macam kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Selain itu, internet juga dapat menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Beberapa waktu yang lalu telah booming bisnis internet jenis Pay Per Click (PPC) yang paling terkenal yaitu adsense, kemudian bermunculan PPC lain seperti Adbrite, Kumpul Blogger (lokal), Bidvertizer, dan masih banyak lagi. Adapula jenis bisnis Pay per sale (PPS) atau juga sering disebut dengan bisnis Afiliasi, yang sistemnya menjadi pihak ketiga untuk menjualkan produk , contohnya seperti Amazon Afiliasi. Dan masih banyak lagi Bisnis-bisnis Online yang menjanjikan.
  • Adanya berbagai kemudahan dan peluang usaha yang menjanjikan di internet, telah membuat masyarakat mulai melirik di bisnis online. Salah satu bisnis online yang menjanjikan di internet yaitu sistem Perdagangan Online, yang sering disebut dengan e-commerce (electronic commerce). Bagi pengusaha kecil dan menengah, perdagangan dan pemasaran via internet masih menjadi sesuatu yang terabaikan. Hal ini bukan karena faktor sedikitnya jumlah konsumen online, akan tetapi karena pelaku usaha masih menganggap bahwa membangun website berbasis e-commerce merupakan sesuatu yang sulit dan membutuhkan biaya yang besar. Menurut mereka , hanya pelaku bisnis bersekala besar saja yang dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan produk, itupun karena mereka memiliki team pemasaran online yang khusus menangani hal tersebut. Sebenarnya Pemasaran dan Penjualan di Internet merupakan trik marketing yang sangat bagus , karena produk yang ditawarkan dapat dijangkau dan dilihat oleh calon pembeli secara luas. Bayangkan jika ada sebuah produk khas sebuah daerah yang memiliki potensi jual tinggi , namun tidak mempunyai area marketing yang luas, maka usaha produk tersebut tidak akan berkembang karena hanya memiliki pelanggan tetap yang tidak bertambah. Sebenarnya untuk membangun website berbasis e-commers tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, kita bisa memanfaatkan sebuah layanan blog.Perlu diketahui bahwa perkembangan pengguna blog tiap tahun semakin bertambah dan layanan yang diberikan penyedia blog selalu diperbaharui. Ada bermacam layanan untuk membuat blog diantaranya Blogger (blogspot), Wordpress, blogsome, dan lain-lain. Dengan hanya memiliki blog, para pengusaha kecil dapat memasang katalog produk untuk memasarkan produknya secara luas bahkan sampai ke luar negeri. Selain itu, telah banyak pelatihan-pelatihan maupun workshop tentang bagaimana membuat blog bagi para penggerak usaha kecil dan menengah yang diadakan oleh dinas terkait maupun oleh mahasiswa. Dengan adanya hal tersebut pengusaha kecil dan menengah dapat belajar dan mempraktekkan secara langsung bagaimana membangun bisnis e-commerce menggunakan blog.

  • Bagi para pengusaha kecil dan menengah yang sudah bisa membuat blog dan ingin bergerak lebih jauh dengan menggunakan website, jangan terlalu khawatir dengan harga domain yang mahal. Kita bisa menggunakan fasilitas domain gratis semacam http://nama_situs.co.cc ( http://co.cc) http://co.cc) , ,http://namasitus.tk, http://namasitus.co.nr dan masih banyak lagi. Atau bisa juga dengan membuat website menggunakan domain berbayar semacam (.com, .net, web.id, .or.id, dan lain-lain). Sedangkan untuk menampung file website yang akan ditampilkan di internet, bisa menggunakan web hosting gratis yang disediakan oleh 000webhost.com maupun http://my-php.net. Untuk menunjang sebuah website memiliki nomor urut atas di mesin pencari semacam google, perlu menerapkan optimalisasi di dalam mesin pencarian, yang sering disebut SEO (search enggine optimization). Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sehingga dengan semakin banyaknya pengunjung, tidak menutup kemungkinan meningkatkan peluang usaha yang ditawarkan di dalam situs tersebut. Beberapa pengusaha kecil dan menengah yang sudah menerapkan bisnis e-commerce diantaranya bisa dilihat di http://pasarbatik.com (produk batik), http://blog.keyshasnack.com (snack online), http://www.klikmuslim.com (busana muslim), http://www.wijayapetshop.biz (pet shop online), http://bandung-distro.blogspot.com (distro di bandung), dan masih banyak lagi .

  • Berbeda dengan blog, untuk membangun website berbasis e-commerse memang sedikit lebih sulit dan perlu pembelajaran lebih ekstra daripada menggunakan blog. Oleh kerena itulah sudah banyak pelatihan , seminar, maupun workshop yang diselenggarakan di berbagai kota, tujuannya untuk membantu pengusaha kecil dan menengah agar dapat membangun website sendiri dan memaksimalkan website tersebut di dalam mesin pencarian . Jika semakin banyak pengusaha kecil dan menengah memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya, tak pelak bakal meningkatkan pendapatan mereka dan mengembangkan sayap bisnisnya secara luas, karena marketing di dunia maya bersifat tak terbatas, tidak mengenal jarak dan waktu.

( Sumber artikel internet, blogger, artikel koran dimuat di Rubrik Konek Suara Merdeka edisi minggu 7 Juni 2009)

0 komentar on "Optimalkan Usaha Kecil dengan E-commerce"

Posting Komentar

Jumat, 21 Mei 2010

Optimalkan Usaha Kecil dengan E-commerce

Optimalkan Usaha Kecil dengan E-commerce


  • Dengan semakin pesatnya perkembangan Teknologi informasi khusunya Internet, tentu berpengaruh juga dengan tingkah laku masyarakat. Dengan menggunakan Internet, segala macam kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Selain itu, internet juga dapat menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Beberapa waktu yang lalu telah booming bisnis internet jenis Pay Per Click (PPC) yang paling terkenal yaitu adsense, kemudian bermunculan PPC lain seperti Adbrite, Kumpul Blogger (lokal), Bidvertizer, dan masih banyak lagi. Adapula jenis bisnis Pay per sale (PPS) atau juga sering disebut dengan bisnis Afiliasi, yang sistemnya menjadi pihak ketiga untuk menjualkan produk , contohnya seperti Amazon Afiliasi. Dan masih banyak lagi Bisnis-bisnis Online yang menjanjikan.
  • Adanya berbagai kemudahan dan peluang usaha yang menjanjikan di internet, telah membuat masyarakat mulai melirik di bisnis online. Salah satu bisnis online yang menjanjikan di internet yaitu sistem Perdagangan Online, yang sering disebut dengan e-commerce (electronic commerce). Bagi pengusaha kecil dan menengah, perdagangan dan pemasaran via internet masih menjadi sesuatu yang terabaikan. Hal ini bukan karena faktor sedikitnya jumlah konsumen online, akan tetapi karena pelaku usaha masih menganggap bahwa membangun website berbasis e-commerce merupakan sesuatu yang sulit dan membutuhkan biaya yang besar. Menurut mereka , hanya pelaku bisnis bersekala besar saja yang dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan produk, itupun karena mereka memiliki team pemasaran online yang khusus menangani hal tersebut. Sebenarnya Pemasaran dan Penjualan di Internet merupakan trik marketing yang sangat bagus , karena produk yang ditawarkan dapat dijangkau dan dilihat oleh calon pembeli secara luas. Bayangkan jika ada sebuah produk khas sebuah daerah yang memiliki potensi jual tinggi , namun tidak mempunyai area marketing yang luas, maka usaha produk tersebut tidak akan berkembang karena hanya memiliki pelanggan tetap yang tidak bertambah. Sebenarnya untuk membangun website berbasis e-commers tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, kita bisa memanfaatkan sebuah layanan blog.Perlu diketahui bahwa perkembangan pengguna blog tiap tahun semakin bertambah dan layanan yang diberikan penyedia blog selalu diperbaharui. Ada bermacam layanan untuk membuat blog diantaranya Blogger (blogspot), Wordpress, blogsome, dan lain-lain. Dengan hanya memiliki blog, para pengusaha kecil dapat memasang katalog produk untuk memasarkan produknya secara luas bahkan sampai ke luar negeri. Selain itu, telah banyak pelatihan-pelatihan maupun workshop tentang bagaimana membuat blog bagi para penggerak usaha kecil dan menengah yang diadakan oleh dinas terkait maupun oleh mahasiswa. Dengan adanya hal tersebut pengusaha kecil dan menengah dapat belajar dan mempraktekkan secara langsung bagaimana membangun bisnis e-commerce menggunakan blog.

  • Bagi para pengusaha kecil dan menengah yang sudah bisa membuat blog dan ingin bergerak lebih jauh dengan menggunakan website, jangan terlalu khawatir dengan harga domain yang mahal. Kita bisa menggunakan fasilitas domain gratis semacam http://nama_situs.co.cc ( http://co.cc) http://co.cc) , ,http://namasitus.tk, http://namasitus.co.nr dan masih banyak lagi. Atau bisa juga dengan membuat website menggunakan domain berbayar semacam (.com, .net, web.id, .or.id, dan lain-lain). Sedangkan untuk menampung file website yang akan ditampilkan di internet, bisa menggunakan web hosting gratis yang disediakan oleh 000webhost.com maupun http://my-php.net. Untuk menunjang sebuah website memiliki nomor urut atas di mesin pencari semacam google, perlu menerapkan optimalisasi di dalam mesin pencarian, yang sering disebut SEO (search enggine optimization). Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sehingga dengan semakin banyaknya pengunjung, tidak menutup kemungkinan meningkatkan peluang usaha yang ditawarkan di dalam situs tersebut. Beberapa pengusaha kecil dan menengah yang sudah menerapkan bisnis e-commerce diantaranya bisa dilihat di http://pasarbatik.com (produk batik), http://blog.keyshasnack.com (snack online), http://www.klikmuslim.com (busana muslim), http://www.wijayapetshop.biz (pet shop online), http://bandung-distro.blogspot.com (distro di bandung), dan masih banyak lagi .

  • Berbeda dengan blog, untuk membangun website berbasis e-commerse memang sedikit lebih sulit dan perlu pembelajaran lebih ekstra daripada menggunakan blog. Oleh kerena itulah sudah banyak pelatihan , seminar, maupun workshop yang diselenggarakan di berbagai kota, tujuannya untuk membantu pengusaha kecil dan menengah agar dapat membangun website sendiri dan memaksimalkan website tersebut di dalam mesin pencarian . Jika semakin banyak pengusaha kecil dan menengah memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya, tak pelak bakal meningkatkan pendapatan mereka dan mengembangkan sayap bisnisnya secara luas, karena marketing di dunia maya bersifat tak terbatas, tidak mengenal jarak dan waktu.

( Sumber artikel internet, blogger, artikel koran dimuat di Rubrik Konek Suara Merdeka edisi minggu 7 Juni 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

 

Welcome

Bunga Siti Anessya (Ungo) Copyright 2009 Shoppaholic Designed by Ipietoon Image by Tadpole's Notez